Pemerintah Indonesia terus melakukan banyak upaya untuk menstabilkan perekonomian dan menciptakan keseimbangan pendapatan, serta mengurangi kesenjangan ekonomi bagi seluruh penduduk. Sudah banyak langkah yang dilakukan oleh pemerintah, mulai dari memberikan bantuan permodalan bagi masyarakat yang ingin merintis usaha sendiri melalui lembaga-lembaga keuangan pemerintah maupun bank-bank pemerintahan, maupun menciptakan lapangan pekerjaan yang memadai bagi masyarakat, serta beberapa langkah lainnya.

Kredit Investasi Yang Ditawarkan Oleh Pemerintah

Modal yang ditawarkan pemerintah dengan media bank tersebut kemudian menjadi kredit yang nantinya akan ditanggung oleh pihak penerima modal. Kredit yang diberikan bisa digunakan untuk membantu kegiatan operasional yang berhubungan dengan pembiayaan usaha, termasuk dalam pengadaan bahan baku, kegiatan proses produksi produk, hingga perluasan usaha.

Kredit yang diberikan dibagi menjadi dua, yaitu kredit investasi serta kredit modal. Kredit modal merupakan kredit yang bertujuan untuk digunakan dalam peningkatan produksi serta urusan operasional lainnya. Urusan operasional yaitu berupa pembayaran gaji, pembelian bahan baku, serta biaya lain yang memiliki kaitan dengan kegiatan produksi perusahaan. Sementara kredit investasi merupakan kredit dengan tujuan perluasan bidang usaha, seperti pembangunan pabrik baru. Masa penggunaan kredit investasi ini lebih panjang dibandingkan dengan kredit modal.

Kredit Investasi Yang Ditawarkan Oleh Pemerintah

Kredit investasi yang memiliki masa lebh panjang menunjukkan bahwa dalam kredit investasi minimal waktu kredit yang diberikan adalah satu tahun. Kredit investasi memiliki beberapa manfaat. Selain bisa memberikan tambahan modal, pembayarannya pun bisa diangsur secara berkala. Namun perlu diketahui bahwa jika ingin melakukan kredit investasi, pihak bank tentu akan melakukan verifikasi langsung mengenai jenis usaha apa yang tengah dijalankan. Besarnya bunga pun ditentukan oleh pihak bank sebagai pemberi kredit, sebab bunga ini yang nantinya akan mempengaruhi keuntungan dari bank. Keuntungan bank sendiri didapatkan dari perhitungan selisih dari bunga pinjaman serta bunga kredit investasi.

Kredit investasi pun memiliki sebuah fasilitas yang dikenal dengan sebutan Term Loan ( Aksep Jangka Panjang ). Aksep Jangka Panjang ini merupakan bentuk fasilitas kredit dengan jangka waktu lebih dari satu tahun kepada pihak peminjam kredit investasi, dengan penarikan yang bisa dilakukan secara berkala maupun secara langsung sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan sebelumnya.

Aksep Jangka Panjang ini dapat dibedakan mejadi 3 macam menurut cara pelunasannya, yaitu sebagai berikut :

  • Term Loan

Fasilitas ini merupakan fasilitas sistem pembayaran yang dapat dilakukan secara berkala atau diangsur. Bisa juga disebut dengan anuitas.

  • Term Loan Grace Period ( TLG )

Fasilitas ini merupakan fasilitas pembayaran kredit investasi yang mencakup bunga saja. Untuk pokok kreditnya dibayarkan pada saat Grace Period.

  • Term Loan Principal ( TLP )

Sementara untuk Term Loan Principal cara pembayarannya dapat dilakukan dengan cara diangsur, dengan nilai pokok sama dalam tiap bulannya. Sementara itu bungan yang dibayarkan mengikuti outstandingnya.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai sistem kresdi investasi. Sebelum melakukan kredit, ada baiknya memahami lebih rinci bagaimana mekanisme serta cara pembayarannya agar mendapatkan kredit yang sesuai dengan kebutuhan serta kemauan anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *