Pasar modal di Indonesia kian pesat berkembang semenjak pemerintah mulai menerapkan beberapa regulasi baru di keuangan serta perbankan, termasuk juga di pasar modal.  Pelaku pasar modal menyadari return yang didapatkan dari perdagangan efek cukup menjanjikan. Selain itu, perdagangan efek ini juga memberikan kontribusi besar menyangkut perekonomian negara.

Pasar Modal Jadi Penguat Perekonomian Nasional

Pasar modal memiliki potensi menjadi penguat perekonomian nasional serta menjadi faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang perekonomian nasional. Di indonesia sendiri, pasar modal sejauh ini masih didominasi oleh investor asing. Secara ideal, seharusnya investasi dalam pasar modal seimbang antara pemodal asing dengan pemodal lokal.

Konsep pasar modal sebenarnya sama dengan konsep pasar pada umumnya, yaitu sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual. Perbedaannya adalah barang yang diperdagangkan saja. Dalam pasar modal, barang yang diperdagangkan berupa modal. Modal disini memiliki arti kepemilikan saham perusahaan serta surat pernyataan hutang perusahaan. Sementara pembeli dalam pasar modal adalah individu atau organisasi atau lembaga yang bersedia menyisihkan dana untuk diinvestasikan melalui pasar modal.

Pasar Modal Jadi Penguat Perekonomian Nasional

Investasi umumnya disebut sebagai penanaman modal atau pembentukan modal merupakan bagian dari komponen pengeluaran agregat. Investasi merupakan pengeluaran dari si penanam modal yang digunakan untuk membeli barang-barang modal serta perlengkapan produksi yang mampu meningkatkan kemampuan dalam memproduksi barang maupun jasa dalam perekonomian. Investasi sejatinya memiliki konsep menempatkan sebagian besar dana untuk proyeksi kebutuhan di masa yang akan datang.

Investasi dibedakan menjadi dua, yaitu investasi yang dilakukan pada financial assets dan investasi pada real assets. Investasi pada financial assets yang dilakukan melalui pasar uang, dapat berupa deposito, commercial paper, SBPU ( Surat Berharga Pasar Uang ), sertifikat, dan sebagainya. Jika dilakukan melalui pasar modal, bentuk investasinya berupa obligasi, saham, warrant, dan lainnya. Sementara investasi pada real assets bentuknya dapat berupa pendirian aset tetap seperti pabrik, pembukaan lahan perkebunan, maupun pembelian aset produktif lainnya.

Tentunya ada faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam melakukan investasi.

Berikut beberapa faktor penentu yang mempengaruhi seseorang dalam melakukan investasi :

  • Expected Rate of Return ( tingkat pengembalian yang diharapkan )

Kondisi internal serta eksternal dari perusahaan mempengaruhi faktor ini. Kondisi internal merupakan kondisi yang menggambarkan tingkat efisiensi perusahaan baik dalam produksi maupun distribusinya, teknologi yang digunakan, serta kualitas dari sumber daya manusianya. Sementara kondisi eksternal merupakan kondisi yang dilihat dengan memperkirakan tingkat produksi yang dapat dicapai, kebijakan dari pemerintah, serta pertumbuhan ekonomi di sektor domestik maupun internasional.

  • Tingkat Bunga

Faktor ini menjadi faktor utama yang menentukan investasi. Jika tingkat bunga pinjaman semakin tinggi, maka biaya yang diperlukan untuk investastasi juga semakin besar.

  • Tingkat Ketersediaan dari Faktor Produksi

Hal ini berkaitan erat dengan faktor produksi apa saja yang akan digunakan dalam proses produksi. Jika faktor produksi mudah didapatkan dan melimpah maka akan menarik semakin banyak pihak yang ingin berinvestasi. Sebagai contoh, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar. Penduduk merupakan aset berupa tenaga kerja serta pasar untuk sasaran produk. Selain itu Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Hal ini akan menarik banyak investor untuk datang dan berinvestasi di Indonesia.

Demikianlah artikel mengenai pemahaman investasi melalui pasar modal dalam bentuk manajemen keuangan ini kami berikan kepada Anda dan para pembaca lainnya.


1 Comment

Andrian · 25/02/2018 at 17:00

Investasi melalui pasar modal termasuk manajemen keuangan jangka panjang atau pendek ya min??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *