Jika memikirkan kegiatan yang erat kaitannya dengan ekonomi serta finansial yang dapat memberikan keuntungan di masa mendatang, maka investasi pasti langsung terlintas dibenak kita. Jenis serta bentuk investasi kini juga sangat banyak. Namun, anda dapat memilih sendiri jenis investasi seperti apa yang dibutuhkan dan sesuai dengan budget yang anda miliki.

Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Menjalankan investasi memiliki resiko maupun keunggulannya tersendiri. Maka ketika hendak melakukan investasi, kita harus berhati-hati. Berikut adalah beberapa jenis investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan dan minim resiko :

  • Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek

1.Tabungan di Bank

Salah satu contoh investasi jangka pendek yang paling familier di telinga kita adalah tabungan bank. Jenis investasi ini memang salah satu cara yang paling cepat dan mudah untuk melakukan investasi. Dengan tabungan bank, investasi bisa dilakukan oleh segala kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Cara yang dilakukan yaitu dengan membuka rekening tabungan dengan besaran yang berbeda setiap banknya. Tidak ada patokan khusus mengenai jumlah yang harus disetorkan pada bank setiap bulannya, sehingga tidak menyulitkan kita dalam melakukan prosedurnya. Selain mudah dalam prosedurnya, jika kita ingin mengambil uang investasi, kita hanya perlu ke ATM. Walaupun tidak beresiko besar, namun investasi melalui tabungan bank ini hanya menawarkan persentase bunga dengan jumlah yang sangat kecil.

2.Deposito

Jika ingin mendapat tingkat pengembalian serta persentase bunga yang lebih tinggi, bisa dicoba berinvestasi melalui produk deposito. Walaupun persentase bunga yang ditawarkan tinggi, namun jenis investasi ini tidak dapat diambil dengan leluasa, namun hanya bisa diambil dengan jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Prosedurnya hampir sama dengan tabungan bank, namun setoran awalnya cukup besar sekitar Rp 5.000.000 . Umumnya jenis investasi ini dilakukan oleh pelaku bisnis atau usaha kelas menengah, dengan perimbangan pribadi mengapa memilih deposito sebagai prospek investasi.

3.Forex Trading

Bentuk investasi ini merupakan investasi dengan perdagangan mata uang asing. Jenis ini memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan jenis lainnya, karena nilai pertukaran yang cukup fluktuatif. Namun masih banyak yang berminat karen return yang didapatkan terkadang lebih cepat dan jumlahnya yang lumayan besar.

 

  • Jenis –Jenis Investasi Jangka Panjang

1.Emas

Berinvestasi dengan emas memang memiliki prospek yang besar. Emas hampir selalu memiliki tingkat harga yang naik setiap tahunnya. Selain harga jual yang tinggi, emas juga sangat stabil dan memiliki kekebalan akan inflasi ( anti inflasi ).

2.Tanah & Bangunan

Produk lain yang memiliki nilai investasi yang cukup tinggi selain emas yaitu tanah dan bangunan. Terutama tanah, harganya hampir selalu naik tiap tahunnya. Ini bisa menjadi investasi yang menjanjikan di masa depan.

3.Asuransi

Untuk memperkecil resiko kehilangan suatu barang atau rusaknya barang yang kita miliki, maka melakukan asuransi terhadap benda-benda tersebut dapat menjadi proteksi serta investasi yang memberi keuntungan.