Anda mungkin merasa hidup terasa kurang menyenangkan gara-gara memiliki cicilan di sana-sini. tapi tak perlu merasa bersalah, sebab di zaman modern ini melakukan pinjaman di bank bukanlah hal yang memalukan. Harga properti yang makin tinggi dan kebutuhan hidup yang selalu meningkat, menjadikan meminjam dana di bank jadi salah satu cara terbaik untuk maju dan berkembang. Anda hanya harus memastikan kalau pembayaran cicilan bisa berjalan lancar dan tidak tersendat dengan cara berikut ini:

Ketahui dengan baik jumlah pengeluaran setiap bulannya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mencegah terhambatnya pembayaran pinjaman adalah dengan mengetahui jumlah pengeluaran rutin setiap bulannya. Buatlah catatan dengan meletakkan pengeluaran terbesar di daftar teratas dan pengeluaran terkecil di urutan terbawah. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah mengetahui apakah dana yang elama ini dikeluarkan sudah benar-benar efektif dan bermanfaat? Anda mungkin akan melihat ada beberapa pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting. Nah, pengeluaran semacam ini bisa dialihkan ke pembayaran pinjaman.

Pastikan memilih tenor pembayaran dengan baik

Hal berikutnya yang juga tak kalah penting adalah lamanya waktu pembayaran atau biasa disebut dengan tenor cicilan. Untuk pinjaman di bank, biasanya jangka waktu bisa dimulai dari 12 bulan, 24 bulan, hingga 48 bulan. Semakin lama tenor yang Anda pilih, maka cicilan setiap bulannya akan semakin ringan. Namun di sisi lain, kalau ditotal sebenarnya bunga yang Anda bayarkan jauh lebih tinggi dibandingkan memilih tenor yang singkat. Jadi Anda bisa mempertimbangkan pilihan mana yang lebih menguntungkan dan sesuai dengan pemasukan setiap bulannya.

Cegah Pinjaman Tersendat

Cari pemasukan ke dua

Anda mungkin merasa gaji yang didapatkan saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup plus membayar cicilan pinjaman. Tapi bayangkan kalau suatu saat terjadi hal darurat dan Anda sama sekali tak punya dana cadangan. Maka dari itu, kalau Anda masih memiliki waktu, sebaiknya cari cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan, bisa dengan bekerja di dua tempat sekaligus atau membangun bisnis online yang jauh lebih fleksibel dari segi waktu. Lumayan kan, penghasilan meningkat dan Anda pun tak perlu mengencangkan ikat pinggang setiap harinya.

Bikin garage sale

Banyak orang yang tak sadar kalau mereka sebenarnya punya dana cadangan di rumah. Ya, coba tengok barang-barang yang ada di setiap sudut rumah, kolong tempat tidur, atau lemari. Anda sebenarnya memiliki banyak barang bagus yang sudah tak terpakai. Daripada membiarkannya menumpuk dan memenuhi rumah, lebih baik kalau Anda menjualnya, bukan? Buka saja garage sale setiap weekend di teras rumah. Atau Anda juga bisa bergabung dalam pasar kaget dan pasar Minggu yang tidak menarik biaya untuk berjualan di sana.

Ada banyak cara kok, yang bisa dilakukan untuk memastikan pinjaman bisa terbayar tepat waktu. Jadi jangan putus asa kalau saat ini Anda harus membayar banyak cicilan tiap bulannya. Selalu banyak jalan asal Anda mau berpikir dan berusaha!