Siapa sih, yang tak ingin terbebas dari rutinitas kantor yang membosankan dan memiliki usaha sendiri di rumah? Sayangnya, banyak orang yang tak bisa mewujudkan impian ini dikarenakan tidak memiliki modal untuk memulai suatu usaha. Well, sebenarnya Anda tak perlu bingung karena saat ini bank memberikan kemudahan pinjaman modal usaha dengan atau tanpa agunan. Anda pun bisa mendapatkan modal usaha dengan cepat dan mengembalikannya melalui cicilan sehingga tidak terasa berat.

Tapi sebelum mengajukan pinjaman modal usaha ke bank, ada beberapa hal yang perlu Anda tahu:

Harus punya kartu identitas resmi

Syarat pertama  yang tak boleh ditawar-tawar saat meminjam modal usaha di bank adalah kartu identitas resmi dewa poker. Dalam hal ini, ada beberapa bank yang mensyaratkan satu kartu identitas saja dan ada pula yang lebih dari satu. Beberapa kartu identitas yang bisa Anda gunakan antara lain Kartu Tanda Penduduk atau KTP, Surat Izin Mengemudi atau SIM, dan juga paspor. Pastikan semuanya asli, ya!

Menyertakan fotokopi buku nikah untuk yang sudah menikah

Kalau Anda saat ini berstatus menikah, maka saat mengajukan pinjaman modal di bank Anda juga perlu melampirkan fotokopi akta nikah. Hal ini dibutuhkan untuk memastikan kalau ada kesepakatan di antara suami dan istri dalam pembayaran pinjaman di masa depan dan juga bisa mengetahui dengan jelas sumber pemasukan pembayaran tersebut.

Melampirkan Kartu Keluarga

Tak hanya berhenti di situ saja, Anda juga harus menyertakan Kartu Keluarga atau KK. Dari sini, bank akan melihat berapa banyak tanggungan Anda sehingga bisa melakukan perkiraan pemasukan bersih yang Anda terima setiap bulannya. Kalau dirasa terlalu kecil, maka besar kemungkinan peminajaman tidak akan dikabulkan.

Menambahkan fotokopi buku tabungan

Anda bisa saja memalsukan slip gaji, tapi bank tetap bisa melihat pemasukan asli Anda dari buku tabungan. Biasanya bank akan mengamati pengeluaran dan pemasukan selama 3 bulan terakhir untuk mengetahui kondisi finansial Anda yang sesungguhnya. Kalau dana tabungan yang Anda miliki besar, maka biasanya bank akan mudah mengabulkan pinjaman dana.

Ajukan Pinjaman Modal Usaha

Tidak memiliki cicilan di lembaga lain

Bank biasanya juga mensyaratkan Anda untuk membuktikan bahwa Anda tidak memiliki tanggungan pinjaman di lembaga lain. Hal ini juga sangat penting karena orang dengan banyak hutang tentu akan lebih sulit untuk melunasinya. Sedangkan kalau Anda hanya memiliki satu pinjaman saja, maka Anda akan lebih fokus untuk mencicil pinjaman tersebut.

Tidak memiliki daftar hitam di lembaga keuangan mana pun

Bank juga akan mencari tahu latar belakang Anda dan memastikan kalau Anda tidak menjadi daftar hitam di lembaga keuangan mana pun. Hal ini juga berperang penting dalam dikabulkannya pengajuan pinjaman. Kalau Anda terbukti pernah terlibat kredit macet atau hal lainnya, maka bank tidak akan berani mengambil resiko untuk memberikan Anda pinjaman modal usaha.

Sudah tahu kan, hal apa saja yang penting dalam mengajukan pinjaman modal usaha di bank? Penuhi semuanya supaya dana yang Anda butuhkan bisa segera cair.