3 Cara Terbaik Siapkan Dana Pensiun Sebagai Investasi Masa Depan

Ketika usia sudah semakin bertambah dan kondisi fisik serta produktivitas mulai menurun, maka itu tanda dan waktunya seseorang harus mengambil langkah pensiun. Memang ada yang akan terus memaksakan diri, namun sangat jarang ada yang melakukannya. Untuk dapat tetap memiliki sokongan dana untuk keperluan sehari-hari, maka tentunya harus ada persiapan yang cukup bagus menjelang masa pensiun tersebut tiba.

Semua orang tentunya memiliki metode dan cara sendiri-sendiri untuk dapat mempersiapkan masa pensiun mereka, namun tidak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk berinvestasi ketika masih muda    adalah contoh-contoh investasi yang sangat tepat untuk diambil agar dapat menyongsong masa pensiun kala usia sudah beranjak senja.

Asuransi

asuransi

 

 

Jika mendengar kata asuransi, maka yang terlintas adalah sebuah produk tanpa bentuk fisik yang dijual dengan nilai pertanggungan berjumlah besar. Dikarenakan tidak memiliki bentuk fisik dan juga benefitnya terkadang sangat lama untuk baru dapat dinikmati, termasuk juga rasa takut uang yang disetorkan akan menguap begitu saja, maka khususnya di Indonesia, asuransi kurang dapat diterapkan secara menyeluruh.

Namun, jika kamu mengesampingkan masalah takut atau tidak pernah melihat bentuk fisik dari produk asuransi, akan tetapi memikirkan aspek dan benefit jangka panjangnya, maka asuransi adalah pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai investasi untuk masa tua.

Tabungan dan deposito

tabungan

Pilihan satu ini terdengar sangat mudah dilakukan, tapi prakteknya sulit sekali dijalani. Ya, menabung adalah cara terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun tanpa perlu pusing memikirkan mengenai investasi dan segala jenis resikonya. Sumber tabungan ini bisa diperoleh dari gaji yang kamu dapat setiap bulannya. Semakin tinggi gaji yang didapat, maka semakin banyak juga dana yang harusnya dimasukkan ke dalam tabungan.

Kalau jumlah tabungan sudah banyak, kamu bisa menjadikannya deposito. Semakin besar dana yang didepositokan dan semakin lama jangka waktunya, maka akan semakin besar pula keuntungan yang diperoleh dikemudian hari. Kunci keberhasilan dari menabung dan deposito ini hanya satu, harus disiplin dan komitmen.

Ikut program dana pensiun di bank

dana-pensiun

Kalau kamu tergolong orang yang susah mendisiplinkan diri untuk menabung, maka ada baiknya mengikuti program dana pensiun di bank. Saat ini sudah banyak sekali bank yang menyediakan fasilitas satu ini untuk membantu nasabah yang ingin mempersiapkan dana pensiun secara mandiri. Sistem kerjanya hampir sama dengan tabungan pada umumnya, hanya saja untuk yang satu ini sifatnya wajib. Setiap bulan, kamu harus membayarkan sejumlah uang yang sudah disepakati sebelumnya. Biasanya besar minimumnya berkisar pada angka Rp 50.000.

Cara ini bisa memacu kamu yang susah  menyisihkan uang supaya lebih disiplin. Ada kunci mudah yang bisa dicoba untuk menyisihkan uang setiap bulan, yakni dengan langsung membaginya ke dalam pos-pos setiap menerima gaji. Jadi setelah gajian, jangan dihabiskan dulu untuk kebutuhan tapi sisihkan terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dana pensiun.

Kalau bisa menyiapkan dana pensiun secara mandiri, dijamin masa senjamu nanti akan jadi lebih menyenangkan. Kamu masih tetap bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa perlu merepotkan keluarga tersayang.